8 Tips Merawat Motor 4 Tak Dengan Mudah
Siklus kerja mesin 4 tak, gbr - aifustars.files.wordpress.com

Setiap pengendara sepeda motor mau tidak mau maka harus melakukan perawatan pada motor pribadinya harapanya tentunya agar motor yang dikendaraai tersebut awet sampai bertahun tahun ,dengan memiliki motor yang terawat dengan baik tentunya hal ini bisa membuat bahan bakar irit dan mesin motor yang awet.

So bagi anda yang memiliki motor dengan tipe mesin 4 tak maka anda bisa mencoba 4 tips dibawah ini yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk menambah wawasan dan referensi anda tentang bagaimana cara perawatan motor 4 tak yang baik dan benar.
Sebenarnya ada banyak macam cara perawatan dan pemeliharaan sepeda motor yang bisa dilakukan secara berkala diantaranya yaitu sebagai berikut ini :

1. Periksa Busi Sepeda Motor

Sebelum anda berkendara alangkah baiknya untuk memeriksa busi agar mesin anda lancara. Anda bisa cek busi pada motor apakah masih layak pakai atau sudah tidak lagi , jika masih layak maka bisa digunakan lagi (dipasang kembali ) tapi jika memang sudah tidak lagi maka anda bisa mengganti dengan yang baru . Untuk penggantian busi sebaiknya dilakukan kalau motor anda sudah mencapai 12.000 km agar pembakaran tetep optimal.

2. Lakukan pengecekan pada filter karburator

Dari informasi yang saya baca di internet filter karburator itu terbagi menjadi 2 ,nah apa saja ..? yang pertama ada filter karburator jenis basah dan yang kedua karburator jenis kering. Model filter karburator basah cukup dibersihkan dengan menggunakan bensin setelah dibersihkan kemudian anda bisa lumasi kembali dengan menggunakan oli,biasanya untuk filter model tersebut yaitu motor keluaran tahun 1990 sampai 2000 an , untuk model sekarang mungkin sedikit.

3. Periksa Setelan rantai dan Gir Motor.

Saat anda mengendarai motor baik jarak jauh atau hanya jalan jalaln maka perhatikan rantai motor anda , jangan biarkan rantai motor anda kendor atau terlalu kencang, kenapa…? karena apabila rantai motor kendor maka bisa menyebabkan rantai putus , untuk cara mengatasi rantai kendor maka bisa disetel baik di bengkel atau secara mandiri. Kemudian kalau rantai kering, bahkan sampai bunyi2 crik crik , maka anda bisa lumasi rantai motor anda dengan menggunakan semprotan cairan khusus untuk rantai motor atau menggunakan oli khusus untuk motor.Untuk penggantian Rantai biasanya kalau sudah mencapai 25.000 km hingga 35.000

4. Membersihkan karburator

Untuk anda yang menggunakan motor jenis karburator maka perawatan ini tentunya harus dilakukan agar bensin dari tangki tidak tersumbat ke mesin pembakaran alias berjalan dengan normal. Untuk membersihkan karburator biasanya pada bagian pilot dan juga main jet motor. Untuk menyetel angin motor tipe manual dimana motor tersebut biasanya keluaran tahun 1990 sampai 2000an maka tutup baut setelan angin tersebut selanjutnya buka perlahan berlawanan arah jarum jam, untuk maksimal putaran yaitu 1/2 putaran.

5. Cek Kondisi Air Aki atau Aki pada motor.

Untuk melakukan pengecekan oli khususnya untuk motor motor tahun 2000 keatas umumnya yaitu dengan aki kering maka setiap 3 tahun sekali aki motor tersebut wajib diganti agar lebih maksimal dalam sistem kelistrikan pada motor.

6. Panaskan Mesin Motor
   
Untuk anda yang ingin mendarai motor alangkah baiknya panaskan terlebih dahulu mesin motor anda sebelum dijalankan , hal ini agar oli pada mesin melumasi seluruh komponen komponen di dalam mesin untuk menggerakan komponen di mesin bakar. Untuk memanasi motor cukup 1 sampai 2 menit saja.

7. Gunakan Sparepart Asli (suku cadang asli )

Walaupun umumnya untuk sparepart yang asli itu mahal tapi kalau untuk kenyamanan dan juga keawetan menurutku gak masalah . Sparepart asli tu banyak keuntungan selain lebih awet ,nyaman juga barang asli itu berkualitas dan beda jauh dengan barang yang palsu.

8. Ganti Oli mesin Motor

Dalam mengganti oli motor ada hal yang perlu diperhatikan adalah jarak tempuh motor anda. Pada dasarnya untuk petunjuk pemakaian biasanya 1500/km-4000/km . Untuk jarak tempuh 200-500km sebaiknya anda mengganti oli setiap 1,5 bulan . Apa bila jarak yang anda tempuh diatas 500 km per bulannya maka syarat ganti oli yaitu setiap sebulan sekali .Berbeda lagi jika jarak tempuh yang terlalu jauh hingga 200 km / hari sebaiknya anda mwengganti oli motor setiap dua minggu sekali atau setiap 1200 km. (repost:http://davance01.blogspot.co.id)

0 komentar:

Posting Lama Beranda

Blogger Template by Blogcrowds